6 Langkah Memilih Usaha Franchise yang Cocok dengan Anda

Sedang memuat 6 Langkah Memilih Usaha Franchise yang Cocok dengan Anda...

Apakah Anda tertarik untuk membangun sebuah bisnis namun terkendala oleh modal yang kecil? Banyak orang yang berada dalam posisi seperti yang Anda. Namun sekarang jika Anda melihat sekitar maka banyak orang yang tetap membangun bisnis meskipun dengan modal yang kecil. Salah satu caranya adalah dengan memilih usaha franchise.

6 Langkah Memilih Usaha Franchise

Ada banyak jenis usaha franchise yang saat ini ditawarkan oleh berbagai franchisor atau pemilik bisnis. Tapi jika Anda baru akan masuk dalam bisnis ini maka caranya memang tidak mudah. Ada berbagai penilaian yang harus Anda lakukan sebelum memilih bisnis franchise yang akan dijalani. Dengan memilih bisnis yang tepat maka usaha yang anda jalankan akan cepat berkembang dan memperoleh keuntungan yang besar.

6 Langkah Memilih Usaha Franchise

Berikut ini adalah beberapa langkah penilaian yang harus Anda lakukan ketika akan memilih usaha Franchise agar anda tidak salah pilih bisnis Franchise yang akan dijalankan.

1. Pilih Franchise dengan Jumlah Modal Sesuai Kemampuan

Ada berbagai jenis skala modal yang tersedia untuk bisnis franchise. Dengan skala harga mulai dari 1 juta hingga 10 juta atau lebih dari itu. Sebagai pilihan bisnis pertama maka sebaiknya Anda menyesuaikan dengan modal yang tersedia. Sumber asal modal juga harus dipertimbangkan seperti jika modal itu berasal dari pinjaman bank, tabungan pribadi atau sumber lain. Jadi pilih franchise yang benar-benar sesuai dengan kemampuan modal Anda.

2. Pilih Franchise dengan Nama Terkenal

Banyak jenis bisnis franchise yang tersedia dan ada beberapa bisnis franchise yang sudah terkenal. Untuk itu lebih baik jika Anda memilih franchise yang sudah terkenal. Meskipun Anda baru pertama bisnis seperti berbagai jenis produk minuman, makanan atau jasa maka pilih franchise yang sudah terkenal. Konsumen Anda pasti akan menilai bisnis Anda dari hal ini. Selain itu bisnis franchise yang sudah terkenal biasanya berani memberikan jaminan produk dan tingkat kepuasan yang lebih tinggi.

3. Melakukan Survei Pasar

Hal lain yang tidak kalah pentingnya ketika Anda akan memilih bisnis yang sesuai adalah dengan menilai pasar yang akan Anda tuju. Anda harus menilai pasar tidak hanya dengan franchise tapi juga bagaimana respon konsumen terhadap bisnis tersebut dan produk yang Anda jual. Anda bisa melakukan hal ini dengan berbagai cara seperti terjun langsung kedaerah yang akan Anda jadikan lokasi penjualan, mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana reaksi ketika pasar menerima bisnis Anda.

4. Kekuatan untuk Menjalankan Bisnis Franchise

Langkah selanjutnya yang Anda butuhkan adalah kemampuan untuk bisa menjalankan bisnis franchise. Meskipun sudah ada nama yang terkenal dari bisnis franchise yang Anda pilih namun itu bukan modal yang cukup. Seringkali banyak penjual dari usaha franchise yang butuh lebih dari satu bulan untuk menemukan konsumen. Karena itu kekuatan utama untuk menjalankan bisnis ini adalah keinginan untuk maju dan bertahan dalam berbagai jenis kondisi yang berbeda. Artinya Anda bisa menjalani bisnis ketika sedang sepi ataupun saat ramai. Seperti jenis bisnis franchise es atau minuman dingin lain.

5. Lihat Kondisi Sekitar Anda

Langkah lain yang harus Anda lakukan adalah menganalisa pasar yang tersedia di daerah Anda. Konsumen menjadi salah satu peran yang sangat penting untuk kemajuan bisnis Anda. Jadi Anda harus mampu menemukan konsumen yang memang sesuai dengan produk atau sebaliknya.

Cara ini harus Anda lakukan agar Anda bisa menjalankan bisnis dengan baik. Misalnya jika Anda ingin berjualan di sekitar kawasan sekolah maka ketahui produk apa saja yang disukai dalam lingkungan tersebut. Apakah minuman, makanan atau jenis produk yang lain. Jika Anda bisa menganalisa bisnis yang tepat maka Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan baik. Baca juga: 7 Tips Memilih Bisnis Franchise yang Menguntungkan

6. Perhitungkan Analisa Keuangan Anda

Setelah Anda menjalankan bisnis franchise maka perhitungkan analisa keuangan Anda. Perhitungan ini harus dilakukan dengan lengkap. Unsur keuangan yang harus Anda perhitungan adalah seperti modal awal yang dibutuhkan, analisa BEP (Break Even Point), resiko kerugian dan biaya operasional. Terlebih jika Anda tidak bisa menjalankan bisnis ini sendiri sehingga membutuhkan tenaga atau karyawan yang harus digaji. Dengan perhitungan keuangan yang lengkap maka Anda bisa menilai kapan waktu ketika Anda untung, rugi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal semula.

Dari beberapa tips memilih usaha franchise diatas mudah-mudahan anda dapat memilih bisnis yang cocok untuk anda jalankan. Demikianlah semoga artikel singkat ini bermanfaat. Salam Sukses selalu.

6 Langkah Memilih Usaha Franchise yang Cocok dengan Anda | walawili | 4.5