Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Modal Usaha

Sedang memuat Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Modal Usaha...

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Modal Usaha – Siapa sangka ternyata kartu kredit mempunyai banyak manfaat. Salah satunya sebagai sumber dana untuk membiayai sebuah usaha produktif. Anda jangan hanya melihat segi-segi negatif dan buruk semata dari kartu kredit. Namun lihat juga hal-hal positif lainnya seperti di atas. Nah celah kartu kredit ini bisa dimanfaatkan bagi anda untuk membiayai bisnis.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Modal Usaha

Kelebihan menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha antara lain dapat mendapatkan uang dalam waktu sangat singkat, tanpa adanya prosedur persyaratan dan survey yang berbeli-belit yang membutuhkan waktu lama serta tanpa agunan. Kartu kredit sebagai alat pembelian atau pembayaran atas produk-produk melalui sistem kredit atau hutang.

Untuk pembelian barang menggunakan kartu kredit ada dua cara. Salah satu caranya yakni gesek tunai. Caranya kita mendatangi merchant tersebut. Lalu melakukan pembelian produk / barang dengan cara fiktif. Dimana barang yang kita beli hanyalah fiktif. Kita tidak membawa barang-barang tersebut. Namun, kita membawa uang tunai dari pedagangnya.

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Modal Usaha

Berikut ini gambaran usaha hanya dengan modal kartu kredit. Jika anda memiliki 3 kartu kredit berpagu Rp. 3 juta. Maka anda dapat melakukan gesek tunai satu kartu kredit sehingga mendapatkan dana tunai sebesar Rp.3 juta. Dan pada hari berikutnya anda menggesek tunai satu kartu kredit agar memperoleh tanggal cetak bill yang berbeda. Total modal atau uang yang anda dapatkan sebesar Rp. 6 juta setelah dipotong fee. Sedangkan satu kartu kredit lain digunakan untuk membayar siklus tagihan kartu kredit tersebut sebelum terbit tanggal cetak bill supaya tak dikenai bunga kredit.

Jenis usaha yang bisa anda jalani bermodal uang dari kartu kredit tersebut, antara lain usaha sewa kamar kontrakan dengan modal Rp.6 juta, penghasilan Rp.350 ribu perbulan. Atau usaha sewa gerobak dengan modal Rp.6 juta, pendapatan Rp. 700.000 perbulan. Anda pun dapat membuka koperasi, toko, rental komputer, kuliner, seminar, kursus pelatihan dan usaha lain dengan modal Rp.6 juta dari kartu kredit. Dan penghasilan dari usaha tersebut lumayan bukan?!

Pendek kata, jika anda cerdas, anda bisa menggunakan kartu kredit untuk membiayai bisnis. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan. Adapun jika menggunakan kartu kredit untuk konsumsi akan menjadi buntung. Langkah selanjutnya anda harus disiplin membayar kredit sebelum muncul tanggal cetak bill. Hal ini berguna untuk meningkatkan nama baik anda di mata bank. Sehingga anda dapat mengajukan limit kartu kredit yang lebih besar dalam masa 3 hingga 4 bulan. Kemudian anda dapat memutarnya kembali untuk membiayai usaha anda berikutnya.

Kiat Memanfaatkan Kartu Kredit Untuk Modal Usaha

menggunakan kartu kredit sebagai sumber modal perlu kehati-hatian karena bunga yang tinggi dan sifat yang konsumtif. Berikut ini langkah-langkah memanfaatkan kartu kredit untuk modal usaha.

  1. Pelajari skema kartu kredit dan persyaratan bank. Seperti tenggat waktu pembayaran, batas minimum saldo, besaran bunga dan denda keterlambatan dan lain-lain
  2. Periksa kesehatan keuangan usaha anda. Anda mesti rajin mengontrol keuangan bisnis anda karena kartu kredit adalah modal usaha berupa uang tunai dalam jumlah cukup besar tapi dengan tenggat waktu pembayaran yang pendek dan bunga yang lumayan tinggi. Sehingga perlu memantau terus kesehatan keuangan bisnis anda. Namun jika bisnis anda tak memungkinkan untuk membayar modal usaha dari kartu kredit maka jangan dipaksakan.
  3. Lihat pula apakah karakter bisnis yang anda miliki mempunyai perputaran uang yang cepat atau tidak. Menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha mensyaratkan bisnis yang anda punyai memiliki perputaran uang yang cukup cepat dalam bentuk cash dan mampu menghasilkan uang secara cepat secara tunai. Selain itu, yang perlu dipertimbangkan jika memodali bisnis anda dengan modal uang besar maka nilai bunga kartu kredit yang tinggi bisa memakan keuntungan bisnis

Atas hal itu, nasihat para pakar perencana keuangan menyatakan bahwasanya Penggunaan kartu kredit sebagai modal usaha harus dijadikan pilihan terakhir pada waktu opsi-opsi lain peminjaman modal usaha sulit didapat. Terlebih dahulu untuk memulai suatu usaha sebaiknya meminjam modal usaha kepada sanak keluarga, teman, kolega, dan lain sebagainya. Karena negosiasi yang mudah dan pengembalian yang tidak ada masalah. Bisa berupa penanaman modal usaha atau disebut sebagai saham maupun pinjaman konvensional.

Pilihan mencari modal usaha melalui kartu kredit harus dijadikan jalan terakhir. Hal ini disebabkan bunga kartu kredit yang cukup besar berkisar 4 hingga 5 persen perbulannya. Perhitungan lainnya, apabila keuntungan bisnis anda tidak mencukupi untuk membayar bunga kartu kredit maka lebih baik anda mengurungkan niat anda menjadikan kartu kredit sebagai modal usaha.

Demikianlah ulasan mengenai cara menggunakan kartu kredit untuk modal usaha. Mudah-mudahan memberikan pencerahan bagi pembaca dalam memanfaatkan kartu kredit sebagai sumber modal untuk membuka usaha. Tapi ingat anda harus hati-hati kalau ingin menggunakan kartu kredit dan kalau bisa kartu kredit menjadi pilihan terakhir sebagai modal usaha. Salam Sukses!

Cara Menggunakan Kartu Kredit Untuk Modal Usaha | walawili | 4.5