Memilih Investasi Yang Tepat Dengan Penghasilan Bulanan yang Diterima

Sedang memuat Memilih Investasi Yang Tepat Dengan Penghasilan Bulanan yang Diterima...

Memilih investasi yang tepat dengan penghasilan bulanan yang diterima sangatlah penting. Dalam dunia bisnis dan keuangan memilih investasi yang tepat sejak masih muda akan memberikan Anda keuntungan yang berlipat dan dapat menjadi bekal di usia tua. Namun, demikian tidak sedikit orang terkadang bingung memilih jenis Investasi yang tepat dan sesuai dengan penghasilan yang mereka terima setiap bulan.

Memilih Investasi yang Tepat dengan Penghasilan Bulanan

Cara Memilih Investasi yang Tepat Sesuai dengan Penghasilan Bulanan

Jika anda memiliki penghasilan bulanan ingin berinvestasi maka sebaiknya sebelum memilih jenis investasi yang tepat, Anda dapat mempertimbangkan jenis investasi dengan melihat dari berbagai segi, seperti:

  • Faktor Pertumbuhan
    Terkait hal satu ini akan lebih baik jika Anda memilih jenis investasi yang pada saat didiamkan nilainya akan naik terus menerus, umumnya investasi yang satu ini berhubungan dengan dunia properti seperti rumah atau tanah.
  • Faktor Penghasilan
    Faktor penghasilan yang dimaksud disini bukan diartikan dari berapa jumlah penghasilan yang Anda terima setiap bulan, namun lebih kearah apakah nantinya investasi yang Anda pilih dapat memberikan penghasilan yang cukup stabil per bulan.
  • Faktor Keamanan
    Setiap orang pastinya ingin investasi yang dipilihnya minim faktor resiko untuk jangka panjang. Itulah sebabnya Anda harus pintar memilih jenis investasi yang jika Anda mengalami kerugian, Anda tidak akan langsung kehilangan seluruh modal yang Anda berikan. Untuk hal yang satu ini umumnya akan lebih aman ketika Anda memilih jasa konsultan keuangan yang sudah profesional.

Jenis-jenis Investasi yang Bisa anda Pilih

Dengan memperhatikan faktor diatas, berikut adalah beberapa jenis investasi yang dapat Anda coba untuk dipertimbangkan sesuai total penghasilan yang Anda dapatkan per bulan.

1. Tabungan

Tahukah Anda bahwa tabungan sebenarnya juga adalah salah satu bentuk investasi yang dapat Anda pilih untuk mengamankan uang penghasilan dalam jumlah tertentu. Ketika Anda mampu mengelola uang tabungan dengan tepat, maka uang yang ada dalam rekening semakin lama akan bertambah dengan jumlah yang dapat Anda pakai untuk membuka bisnis di kemudian hari. Namun demikian, ketika Anda termasuk orang yang konsumtif memiliki tabungan mungkin tidak dapat dijaddikan wahana investasi yang baik.

2. Deposito

Berbeda dengan tabungan, deposito adalah jenis metode penyimpanan uang yang membuat pemiliknya akan mendapatkan bunga cukup besar meski belum cukup besar jika dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti saham atau reksadana. Ketika Anda berniat memiliki deposito, pertimbangan yang harus dipikirkan adalah jumlah dana yang ingin Anda simpan dan lama waktu penyimpanan. Karena metode deposito ini akan membuat dana yang disimpankan tidak dapat diambil sebelum jatuh tempo pengambilan. Jika Anda termasuk pemula yang ingin mengambil sistem deposito, kini di beberapa bank ada layanan tabungan yang sistemnya tidak dapat mengambil uang yang ditabungkan sebelum jatuh tempo, yang umumnya berkisar antara 12-24 bulan. Metode tersebut dapat Anda ambil untuk melatih kalkulasi keuangan yang Anda miliki.

3. Saham

Jenis investasi lain yang umumnya dapat Anda coba saat masih muda dengan modal yang mungkin cukup besar adalah investasi di dunia saham. Dalam dunia saham, Anda dapat bertindak sebagai salah satu “pemilik” perusahaan tertentu yang nantinya pada periode tertentu Anda akan mendapatkan pembagian keuntungan (deviden). Namun dapat pula Anda ikut dalam metode capital gain dimana keuntungan yang akan Anda dapatkan berasal dari selisih pembelian dan penjualan saham di pasar modal. Namun demikian, kepemilikan saham bukan tanpa resiko, karena jika langkah ekonomi yang Anda ambil salah, bukan tidak mungkin Anda akan menderita kerugian yang tidak sedikit. Oleh karena itu, ketika Anda ingin membeli saham perusahaan tertentu, pastikan perusahaan tersebut memiliki manajemen keuangan yang baik dan tidak akan menderita kebangkrutan meski negara sedang dalam kondisi inflasi atau krisis moneter.

4. Emas

Investasi yang satu ini adalah satu dari sekian banyak jenis investasi yang paling sering diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk investasi di bidang emas pun, tak jarang modal yang diberikan cukup sedikit, terutama ketika pembelian dilakukan saat harga emas turun. Namun demikian, jika Anda merasa memiliki modal yang cukup, akan lebih baik jika Anda membeli emas dalam bentuk batangan dengan kadar yang cukup besar sehingga pada saat harganya melambung tinggi, Anda akan mendapat keuntungan yang berlipat ganda. Namun pastinya investasi di bidang ini bukan berarti tanpa resiko, karena jika Anda menyimpan di lokasi yang salah resiko pencurian juga semakin besar.

Dari berbagai jenis investasi diatas, semoga Anda dapat memilih investasi yang tepat dan minim resiko. Demikianlah artikel singkat mengenai Cara memilih Investasi yang tepat sesuai dengan penghasilan bulanan yang anda terima. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan jenis investasi yang akan anda ambil.

Memilih Investasi Yang Tepat Dengan Penghasilan Bulanan yang Diterima | walawili | 4.5