Mengintip Peluang Bisnis Souvenir Pernikahan yang Kian Ramai

Sedang memuat Mengintip Peluang Bisnis Souvenir Pernikahan yang Kian Ramai...

Bisnis souvenir pernikahan saat ini sangat menggiurkan, karena keuntungan yang didapat lumayan. Usaha ini pun dapat dilakukan siapa saja, baik dari kalangan mahasiswa maupun ibu rumah tangga. Memang bisnis ini tergolong usaha rumahan yang dapat dikerjakan di rumah tanpa harus memiliki toko. Karena konsep awalnya sebagai usaha sampingan, maka sebaiknya tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

Mengintip Bisnis Souvenir Pernikahan yang Kian Ramai

Saat usaha souvenir sudah mulai berkembang, Anda dapat menambah modal. Souvenir pernikahan memang berharga murah, namun konsumen membeli dalam jumlah banyak. Itu sebabnya keuntungan yang didapat dari menjual souvenir cukup menggiurkan.

Jenis Usaha Souvenir

Ada beberapa sistem usaha souvenir yang dapat dilakukan pengusaha, yaitu :

Souvenir produksi sendiri. Ini dapat dilakukan jika memiliki kreatifitas dan keterampilan membuat kerajinan tangan yang unik. Barang yang dibuat dapat disesuaikan dengan tema pernikahan. Kelebihan lain dari membuat souvenir sendiri, barang produksi Anda lain daripada yang lain. Keunikan merupakan salah satu daya tarik bagi pembeli.

Souvenir semi membuat sendiri. Cara ini adalah dengan membeli souvenir yang sudah jadi di pasaran atau perajin. Kemudian Anda mengemas sendiri souvenir ini menjadi lebih cantik dan menarik. Kemasan yang menarik adalah daya tarik bagi pembeli, bahkan dapat menaikkan harga jual berkali lipat dari modal yang dikeluarkan. Semua tergantung dari kreatifitas Anda dalam menciptakan.

Distributor. Metode ini adalah yang paling mudah, karena hanya menyalurkan produk souvenir pernikahan dari perajin atau ‘kulakan’ kepada calon pengantin. Modalnya cukup dengan berpromosi di media sosial. Keunggulan menggunakan cara ini Anda tidak direpotkan dengan proses produksi. Hanya saja barang yang Anda tawarkan sifatnya massal, jadi banyak pesaing lain. Di sini keterampilan marketing Anda diuji.

Dari ketiga jenis usaha souvenir, Anda dapat memilih salah satu tergantung dari modal yang dimiliki. Kunci keberhasilan dari bisnis ini adalah strategi promosi yang tepat dan efektif. Perlu dipertimbangkannya juga untuk menjalin kerja sama dengan wedding organizer, katering, atau pengelola gedung pernikahan.

Langkah-langkah Memulai Bisnis Souvenir Pernikahan

Bagi anda yang tertarik untuk membuka usaha Souvenir, berikut ini adalah langkah-langkah memulai bisnis souvenir pernikahan yang wajib anda ketahui agar bisnis yang anda jalankan nantinya dapat berkembang dengan cepat dan sukses.

1. Kenali target pasar.

Sebelum memulai usaha ini, Anda perlu mengetahui sasaran pasar. Ada beberapa orang yang potensial menjadi konsumen usaha Anda.

  • Calon pengantin, souvenir ini dibutuhkan untuk melengkapi acara pernikahan.
  • Seseorang yang akan berulang tahun. Tidak jarang dalam acara ulang tahun, tuan rumah memberikan souvenir pada tamu yang hadir.
  • Orang yang merayakan kelahiran bayi. Sekarang berkembang tren memberikan souvenir untuk tamu yang mengunjungi acara kelahiran bayi. Dulu biasanya empunya hajat memberikan makanan untuk oleh-oleh, saat ini sudah berkembang dengan memberikan souvenir.
  • Panitia acara. Acara formal seperti seminar, workshop, reuni, atau wisuda membutuhkan souvenir yang akan dibagikan kepada para peserta.

2. Survey ke berbagai toko souvenir pernikahan

Setelah mengetahui kelompok pasar yang menjadi target bisnis Anda, saatnya untuk melakukan survey ke beberapa toko souvenir. Dari survey tersebut, Anda dapat melihat berbagai jenis souvenir yang menarik dan unik. Anda juga dapat membandingkan harga dari satu tempat dengan tempat yang lain. Pilihlah souvenir dengan harga murah, namun unik dan bermanfaat.

Cukup beli dalam jumlah satuan untuk difoto dan menjadi contoh. Buatlah gambar yang jelas dan sudut yang menarik. Gambar-gambar tersebut nantinya akan dipasang di media sosial sebagai toko online.

3. Buat toko online yang unik dan menarik

Persaingan toko online saat ini begitu ketat. Jadi buatlah toko yang menarik dan unik. Pasanglah gambar-gambar souvenir yang ditawarkan dengan lengkap dan jelas. Sertakan pula deskripsi produk dan harganya. Berikan diskon atau bonus untuk pembelian dalam jumlah banyak supaya pelanggan tertarik.

4. Promosi langsung

Selain menggunakan kemudahan internet, Anda dapat melakukan promosi dengan cara sederhana. Yaitu dengan membuat brosur atau flyer yang menarik. Bagikan brosur tersebut di depan gedung saat acara pernikahan berlangung.

Dari pembahasan tersebut, Anda bisa mendapatkan gambaran untuk memulai usaha souvenir pernikahan, meskipun dengan modal terbatas. Untuk dapat sukses di bisnis ini modal utamanya adalah kreatif dan inovatif, serta luwes dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda yang berminat bisnis souvenir pernikahan.

Mengintip Peluang Bisnis Souvenir Pernikahan yang Kian Ramai | walawili | 4.5