Peluang Usaha Beternak Burung Beo

Sedang memuat Peluang Usaha Beternak Burung Beo...

Cara Beternak Burung Beo

Kota solo, Yogyakarta dan Klaten merupakan pusatnya para peternak Beo, karena memang bisa dibilang beternak beo itu mudah dilakukan dan hanya memberikan pangan 2x saja sehari. Budidaya burung beo adalah sarana peternak untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis penangkaran ini, karena burung beo merupakan salah satu burung yang banyak digemari oleh kalangan atas dan tentunya harga juga akan sedikit lebih tinggi dari harga burung kicau lainnya.

Cara Beternak Burung Beo

Anda mungkin tertarik untuk beternak burung beo ini, untuk mengisi waktu luang anda ataupun sebagai sumber pencaharian anda. Oke, disini admin akan sedikit berbagi informasi mengenai cara budidaya burung beo yang disajikan dengan bahas yang mudah dipahami. Silakan disimak.

Memilih indukan dan Cara Menjodohkan

Indukan burung beo yang baik tentunya adalah burung yang sehat dan aktif, indukan burung beo bisa anda dapatkan dipasar burung terdekat di rumah anda, perhatikan dengan seksama burung yang akan dijadikan indukan, karena mengingat hasil yang akan anda dapatkan dari perkawinan burungh beo ini. Setelah anda mendapatkan pasangan indukan burung, jangan dulu dimasukkan kedalam kandang penangkaran, sebaiknya pisahkan kedua burung dalam kandang yang berbeda namun diletakkan secara berdekatan selama kurang lebih 1 minggu, ini dimaksudkan agar kedua burung dapat saling mengenal dulu satu sama lainnya. Bila ketika tidur kedua burung nampak berdekatan, berarti kedua burung burung itu berjodoh dan dapat dikawinkan.

Indukan burung beo yang siap dikawinkan idealnya berumur 10 sampai 12 bulan untuk yang betina, sedangkan beo jantan berumur 1.5 tahun sampai 2 tahun. Selepas perkawinan biasanya pasangan burung beo menghasilkan 3 sampai 4 butir telur dan akanmenetas selama 14 hari setelah dierami.

Membuat Kandang Penangkaran

Kandang yang ideal untuk beternak beo berukuran 1m x 2m tinggi 2m, kandang sebaiknya dibuat sealami mungkin seperti dihabitat asli beo yaitu dengan memasukkan beberapa tanaman dan juga sertakan tempat mandi yang berukuran besar karena burung beo suka mandi. Didalam kandang penangkaran tersebut biasanya terdapat Glodok (tempat menyimpan telur) dan pinus kering sebagai bahan burung beo membangun sarang alami untuk menempatkan telurnya.

Cara Merawat burung beo

Umur burung beo bisa mencapai 75 tahun bila mendapatkan perawatan baik dari si empunya burung beo, karena bila mendapatkan perawatan yang salah akan mengakibatkan burung menjadi stres dan sakit hingga menimbulkan kematian.
Nah, bagaimana merawat burung beo yang baik itu?, jawaban dibawah ini mungkin akan membantu anda

  • Bersihkan sangkar beo setiap hari dan secara teratur dari kotoran seperti sisa makanan ataupun kotoran burung dan bulu yang rontok.
  • Berikan pakan 2 kali sehari dan ganti air minum setiap hari, berilah makanan secara bervariasi dengan buah dan sayuran yang segar karena burung beo juga mudah bosan dengan makanannya.
  • Berikan mainan dalam kandang beo, karena burung beo suka bermain dan ikutlah bermain dengan burung beo agar burung tersebut tidak stres. Bila beo stres biasanya ditandai suka mencabut bulunya sendiri.

Demikian informasi cara budidaya burung beo, semoga bermanfaat dan menguntungkan. Terima kasih

Peluang Usaha Beternak Burung Beo | walawili | 4.5