Peluang Usaha Beternak Burung Parkit

Sedang memuat Peluang Usaha Beternak Burung Parkit...

Budidaya burung parkit membuka peluang bisnis

Peluang usaha dalam beternak burung parkit memang terbuka lebar, karena memang sangat sedikit sekali peternak burung parkit saat ini, ditambah permintaan pasar yang terus bertambah harus segera dipenuhi. Diperlukan pengetahuan dasar dalam pembudidayaan burung parkit, dan disini admin akan sedikit berbagi informasi cara budidaya burung parkit dengan bahasa yang mudah dimengerti bagi pembaca. Selamat membaca.

Pemilihan indukan

Hal pertama dalam memulai beternak burung parkit adalah pemilihan burung sehat sebagai indukan. Indukan burung parkit idealnya telah berumur 5 bulan, karena masa itu burung parkit sudah memasuki masa berkembang biak. Burung jantan parkit bila sudah memasuki masa kawin biasanya ditandai dari pangkal paruhnya yang berwarna biru tua, adapun yang betina berwarna putih. Silakan lakukan eksperimen dalam pemilihan warna indukan agar menghasilkan anakan yang memiliki warna yang cantik

Cara Beternak Burung Parkit dengan Mudah dan Menguntungkan

Pemilihan Kandang

Setelah melakukan pemilihan indukan, langkah selanjutnya adalah membuat kandang penangkaran. Kandang burung parkit bisa menggunakan sistem soliter maupun koloni atau juga model aviary. Ukuran untuk kandang parkit menyesuaikan ada berapa jumlah burung yang akan diternakkan serta model kandang yang akan digunakan, misalnya bila anda hendak menggunakan model soliter, kandang berukuran 40 x 30 cm saja untuk setiap pasangan burung. Untuk ukuran kandang model koloni bisa berukuran 60 x 50 cm dengan tinggi 60 cm, ukuran ini untuk 4 pasangan burung.

Kebutuhan pakan

Pakan utama burung parkit adalah biji-bijian, berupa milet putih serta jgung muda. Dapat juga diberi makanan tambahan sayuran hijau semisal kangkung atau toge. Tambhakan juga bubuk bata merah yang telah disaring  atau pasir lembut untuk kebutuhan mineral burung parkit.

Tempat telur (Glodok)

Sangat perlu untuk anda menambahkan glodok / tempat telur didalam kandang parkit. Dan selama burung betina bertelur, jangan lupa untuk memberikan asupan gizi yang baik seperi vitamin dan mineral ataupun obat khusus yang bisa anda dapatkan ditoko-toko petshop. Setalah bertelur, biasanya burung parkit akan mengerami secara bergantian oleh induk betina dan jantan selama 15 hari sebelum menetas.

Glodok

Sebelum dipisahkan dari induknya, biarkan anak parkit bersama induknya sampai berumur 5-6 minggu untuk mendapatkan perawatan dari sang induk.

Demikian sekilas informasi mengenai cara budidaya burung parkit dengan mudah. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Peluang Usaha Beternak Burung Parkit | walawili | 4.5