Peluang Usaha Budidaya Anggrek Bulan

Sedang memuat Peluang Usaha Budidaya Anggrek Bulan...

Cara Budidaya anggrek Bulan

Hampir semua orang di Indonesia mengenali bunga anggun dan wangi ini, ya, anggrek bulan dengan nama latin Phalaenopsis amabilis ini pertamakali ditemukan oleh peneliti yang juga ahli botani asal Belanda yaitu Dr. C.L. Blume. Bunga yang satu ini yang juga dikenal dengan nama butterfly orchid merupakan primadona dikalangan pecinta bunga karena mempunyai bentuk kelopak yang lebar nan eksotik serta mempunyai beragam warna yang sangat cantik, hingga hampir semua orang yang hobby berkebun mempunyai tanaman bunga ini.

Adakalanya kita bingung bagaimana cara merawat dan mebudidayakan anggek bulan ini untuk koleksi tanaman has ataupun lahan bisnis  sehingga  dapat dijadikan penghasilan sampingan para pecinta bunga. Oleh karena itu disini admin akan coba sedikit mengulas bagaimana cara budidaya anggrek bulan dan cara memelihara anggrek bulan dibawah ini.

Cara Budidaya dan Memelihara Anggrek Bulan dengan Mudah

1. Pemilihan dan Perawatan Bibit

Pertama kali yang akan kita lakukan dalam memulai budidaya angrek bulan ini adalah dengan memilih bibit yang baik, bibi anggrek bulan bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp.8000 – Rp.10.000 di toko bunga terdekat ergantung umur bibit anggrek tersebut .

Setelah kita menyediakan bibit, tempatkan bibit anggrek kedalam tray untuk mempermudah pemindahan bibit anggrek dari tempat yang kurang sinar matahari ke tempat yang terpapar sinar matahari pagi.

Selama tiga blan pertama, perawatan anggrek bulann cukup dengan menyiraminya dengan larutan perangsang pertumbuhan vegetatif atau bisa disebut juga larutan Gromor dengan dosis setengah sendok teh tiap satu liter air bersih. Lakukan penyiraman dengan menggunakan spray dan disiramkan di area daun anggrek bulan tersebut bukan di akarnya, karena anggrek bulan berbeda dengan tanaman lainnya yang harus mendapatkan supply air di akar. Lakukan penyiraman ini tiga hari sekali rutin selama tiga bulan.

Setelah 3 bulan, akar dari anggrek bulan ini akan sangat banyak dan saling berdesakan, unuk itu harus dipindahkan kedalam pot yang transparan untuk mengontrol kadar air yang merendami akar untuk mencegah pembusukan akar.

2. Pemupukan dan Nutrisi

Setelah dipindahkan kedalam pot transparan, berikanlah pupuk Dekastar 22 – 6 -4 dengan dosis setengah sendok teh pada setiap pot untuk mempercepat tumbuhnya tunas, menyuburkan daun serta cabang . lakukan pemupukan dua kali sehari pagi dan sore dan jangan lupa untuk tidak menyiramkannya pada akar. Lakukan pemupukan itu sampai anggrek berumur 6 bulan

3. Teknik Penyiraman

Anggrek bulan merupakan umbuhan yang hidup menempel pada tumbuhan lain (Epifit) jadi tidak diperlukan penyiraman yang terlalu banyak hingga sampai menggenangi akar, karena apabila tergenang air bisa menyebakan subrnya jamur yang mngakibatkan timbul bercak-bercak pada daun anggrek. Banyak pecinta anggrek yang salah paham mengenai teknik penyiraman anggrek bulan, mereka menganggap apabila melihat dan anggrek yang layu dianggapnya kekurangan air. Disitulah kegunaan pot transparan untuk mengontrol  akar karena terendam air yang menghambat proses transpirasi anggrek bulan hingga menyebabkan daun menjadi layu dan tunas menjadi busuk.

 

Agar mendapakan bunga yang merekah dan lebih maksimal, atur kelembaban suhu disekitarnya. Tanaman anggrek bulan ini dapat tumbuh subur pada suhu 13°C sampai 17°C pada malam hari, dan 18°C sampai 22°C pada siang hari. Anda bisa juga menempatkan wadah berisi air disektar area pot anggrek bulan untuk mendapatkan penguapan secara alami dan kelembaban anggrek itu dapat terjaga.

 

4. Intensitas Cahaya

Kebutuhan anggrek bulan akan cahaya memang sangat sedikit, sekitar 20 sampai 30% mengingat kalau dihabitat aslinya anggrek bulan ini hidup menempel pada pohon lain yang terupi ranting ataupun lainnya. Tempatkan anggrek bulan tidak langsung terkena matahari guna menghindari kerusakan jaringan tubuh anggrek bulan. Tempatkan saja ditempat teduh namun tidak kekurangan cahaya, karena daun anggrek bulan akan layu bila kekurangan cahaya.

 

Anggrek bulan biasanya akan berbunga setelah berumur 8 bulan, akan sangat cantik sekali bunganya hingga bisa dijadikan hiasan meja tamu unuk menyegarkan ruangan, dan jangan malas untuk membawanya keluar ruangan untuk mendapatkan kebutuhan cahaya matahari.

 

Dan akhirnya, admin mengucapkan selamat berkebun, mudah-mudahan bermanfaat artikel cara budidaya anggrek bulan ini. Terima kasih

 

Peluang Usaha Budidaya Anggrek Bulan | walawili | 4.5