Peluang Usaha Budidaya burung Pleci

Sedang memuat Peluang Usaha Budidaya burung Pleci...

Cara budidaya burung pleci

Dalam beternak burung berhasil atau tidaknya tergantung keinginan si peternak tersebut, banyak peternak sukses yang mengatakan bahwa budidaya burung pleci itu sangat mudah, namun ada juga sebagian dari kita sebagai penggemar burung pleci merasa kesulitan dalam beternak burung pleci. Mungkin pembawaan atau sifat kita yang tidak atau kurang telaten dan serba ingin cepat sehingga bisa dikatakan kita tidak berbakat dalam beternak burung pleci.

Burung pleci yang dikenal dengan burung kacamata ini mempunyai nama latin Zosterops pada saat sekarang ini menjadi incaran para penggemar burung kicau di tanah air, karena selain harganya yang terjangkau, pemeliharaannya pun sangat mudah.

Namun pada kesempatan ini, bila anda ada keinginan untuk beternak burung pleci ini, admin akan memberikan informasi mengenai cara budidaya burung pleci yang sedikitnya dapat membantu anda. Silakan disimak !. ada beberapa tahap dalam mebudidayakan burung pleci ini, diantaranya:

Cara budidaya burung pleci

Mempersiapkan Kandang

Burung pleci tidak memerlukan kandang yang besar seperti kandang burung kicau lainnya, cukup dengan kandang ukuran kecil seperti kandang model aviary, anda bisa beternak burung pleci beberapa ekor sekaligus. Jangan lupa untuk menyiapkan tempat makan dan minumnya, serta siapkan sarang dibagian lebih atas dari tempat makanan dan minuman untuk tempat bertelur indukan betina.

Mempersiapkan Indukan Pleci

Untuk mempersiapkan indukan burung pleci yang hendak dijodohkan, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini

  1. Indukan burung jantan dan betina sebaiknya merupakan dari spesies yang sama, ini dimaksudkan agar kita mudah dalam menjodohkannya.
  2. Perhatikan bulu serta anggota tubuh lainnya dari indukan burung pleci tidak cacat, untuk menghindari turunan yang cacat pula.
  3. Umur indukan burung pleci yang jantan idealnya 1 tahun dan yang betina 1.5 tahun

 

Memulai Penjodohan

Cara perjodohan burung pleci tidak jauh beda dengan cara perjodohan burung kicau lainnya, coba simak cara perjodohan burung cendet, disana anda bisa membaca langsung cara perjodohannya yang tidak jauh beda.

Pakan

Pemberian pakan pada masa perjodohan sangat penting untuk diperhatikan, karena salah faktor yang mendukung kesuksesan dalam perjodohan ini. Pakan burung pleci sebaiknya berupa serangga kecil seperti jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang dan kroto. Berikanjuga aneka jenis buah-buahan sebagai nutrisi tambahan setiap 2 kali seminggu

Burung betina akan bertelur setelah 2 minggu setelah proses perkawinan, dan sebaiknya saat penetasan dilakukan dengan menggunakan inkubator apabila sang induk enggan untuk mengerami telurnya.

Untuk perawatan anak pleci bisa langsung diberikan ke induknya, kita tinggal sediakan saja serangga yang dipotong kecil – kecil utnuk anak pleci.

Demikian informasi cara budidaya burung pleci dengan mudah, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih

Peluang Usaha Budidaya burung Pleci | walawili | 4.5