Peluang Usaha Budidaya Ros Polianthes Tuberosa

Sedang memuat Peluang Usaha Budidaya Ros Polianthes Tuberosa...

Budidaya Ros Polianthes Tuberosa

Ros Polianthes Tuberosa merupakan nama latin dari bunga Sedap Malam. Merupakan bunga yang kebanyakan orang sudah tahu. Bunga yang memiliki varian warna putih, merah, dan kuning ini dikenal sebagai bunga yang bersifat khas, yakni bunganya selalu mekar bila malam tiba. Juga, menebarkan bau yang harum semerbak. Oleh karena itu, bunga ini dinamai sedap malam.

Adapaun penyematan nama Tuberosa, menunjukan bunga ini merupakan tumbuhan yang memiliki umbi (tuber). Bunga sedap malam diperkirakan berasal dari negara Meksiko. Oleh bangsa Aztec, bunga dari kerajaan Plantae ini dinamai Omixochiti, yang berarti “Bunga Tulang.”

Di berbagai negara, bunga sedap malam memiliki nama yang berbeda-beda. Seperti di Malaysia bunga ini disebut dengan Sundal malam; lalu di daerah Timur Tengah, tepatnya di Persia, bunga ini dinamai Maryam, nama umum untuk anak perempuan bangsa Arab; Sementara bangsa India bagian timur menamainya Ratkirani, atau “Ratu Malam”; Orang China menamai bunga ini Xinxiao, yang berarti “Tempat ngengat hinggap.”

Cara Budidaya Ros Polianthes Tuberosa

Bunga sedap malam dapat tumbuh hingga setinggi 45 cm. Bunga berwarna putih—kebanyakan. Dengan daun berwrana hijau muda yang memanjang dan mengumpul di bagian pangkal batangnya. Klasifikikasi ilimiah dari bunga sedap malam antara lain termasuk divisi Magnoliophyta, kelas Liliopsida, Ordo Asparagales, Famili Agavaceae, dan dari genus Polianthes.

Manfaat Ros Polianthes Tuberosa (Bunga Sedap Malam)

Selain memiliki rupa yang cantik dan bau yang harum, bunga sedap malam ternyata menyimpan banyak manfaat dan kegunaan. Apa saja itu? Berikut diantaranya :

Membantu mengobati penyakit bisul dan bengkak

Sedap malam berkhasiat sebagai obat luar, yang antara lain sering digunakan untuk membantu menyembuhkan bisul dan penghilang bengkak. Bagian yang digunakan adalah bunga dan akarnya. Dengan cara ditumbuk—setelah dibersihkan terlebih dahulu—hingga keduanya melebur sampai halus, untuk kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Membantu mengobati katarak

Selain untuk penyakit kulit, bunga sedap malam berkhasiat untuk membantu mengobati penyakit mata: katarak. Bagian yang digunakan adalah kuntum bunganya. Dengan cara merebus kuntum bunga tersebut dengan air hingga mendidih. Pengobatan dilakukan dengan mengompres atau mencuci mata yang tererang katarak.

Membantu mencegah insomnia

Bagi orang yang sering mengalami gangguan susah tidur atau insomnia, bunga sedap malam bisa membantu meringankan gangguan tersebut. Biasanya dicampur dengan bahan lainnya seperti: jahe, bawang merah, dan bawang putih.

Memberikan efek terapis dan relaksasi

Dengan bau bunga yang harum dan khas, bunga sedap malam bisa dijadikan sebagai sarana relaksasi bagi orang yang memiliki beban pikiran atau tengah menghadapi kondisi yang membuat stress. Dengan duduk sambil menghirup dan meresapi harum bunga sedap malam ini, bisa membantu pikiran untuk menjadi lebih rileks dan tenang.

Mengobati Influenza

Ketika terserang flu, bunga sedap malam yang dicampur dengan bahan lain seperti jahe dan daun bawang putih, bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit influenza yang diderita.

Membantu meredakan radang tenggorokan

Selain berkhasiat sebagai obat luar, bunga sedap malam juga memiliki kegunaan dalam membantu meringankan penyakit dalam. Seperti salah satunya adalah radang tenggorokan. Dengan cara merebus bunga sedap malam dengan jahe dengan air hingga mendidih. Air rebusan tersebut diminum setelah didinginkan terlebih dahulu. Untuk hasil maksimal, minum secara rutin.

Membantu mencegah anemia

Konsumsi bunga sedap malam yang diolah, dapat meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh. Sehingga kebugaran tubuh tetap terjaga dan tidak mudah lemas. Dapat membantu menghindari kekurangan sel darah merah alias anemia.

Penambah tenaga dan stamina

Bunga sedap malam dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina dan tenaga tubuh. Bagian yang digunakan adalah kuntum bunganya, dan dicampur dengan bahan-bahan lain yang antara lain: kacang kapri, udang, bawang putih, jahe, dan telur ayam. Kesemua bahan tersebut ditumis selayaknya masakan, yang nantinya dijadikan sebagai santapan penambah stamina.

Sebagai penyedap masakan

Selain bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi, bunga sedap malam pun berguna sebagai melezatkan masakan. Menggunakan bunga sedap malam sebagai salah satu bahan masakan, dapat menghasilkan rasa yang sedap dan tentu saja, sehat.

Bahan Pewangi

Salah satu segi komersil dari bunga sedap malam adalah baunya yang sangat harum. Seperti halnya bunga-bunga yang memiliki bau harum lainnya, harum sedap malam ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuat parfum atau minyak pewangi.

Cara Budidaya Ros Polianthes Tuberosa (Bunga Sedap Malam)

Ros Polianthes Tuberosa atau bunga sedap malam adalah tumbuhan dapat memberikan banyak manfaat bila dibudidayakan. Apalagi jika ditanam di pekarangan rumah, dapat memberikan pemandangan asri yang menebarkan wangi bunga yang harum. Selain ditanam secara langsung pada lahan tanah, bunga sedap malam juga dapat ditanam dan dibudidayakan pada media pot atau polybag. Umumnya, bunga ini akan tumbuh bagus di dataran rendah dengan pH tanah antara 5 hingga 5,8. Meski demikian, bunga sedap malam juga dapat ditanam di dataran tinggi. Hanya saja bunganya tidak akan semekar  bunga sedap malam yang ditanam pada dataran rendah.

Pembibitan

Langkah pertama sebelum memulai membudidayakan bunga sedap malam adalah mempersiapkan bibt. Proses pembibitan dapat dilakukan dengan cara umbi yang diperbanyak. Pilih umbi dengan usia yang sudah cukup tua, diambil dari rumpun tanaman induk yang telah bersusia kurang lebih 2 tahun—besarnya sekitar 2—3 cm. Selanjutnya keringkan umbi yang telah dipilih tersebut selama 3—4 minggu. Tahap berikutnya adalah menyimpan bibit selama kurang lebih 1,5 bulan, agar nantinya umbi mudah untuk bertunas.

Setelah disimpan, bibit atau umbi siap untuk disemai. Bisa menggunakan pot atau kantung semai (polybag). Usahakan pot atau polybag yang digunakan memiliki lubang drainase, untuk mencegah pembusukan tanaman akibat air yang menggenang. Tanah yang digunakan untuk proses ini adalah campuran tanah, pupuk kandang halus/kompos, dan arang. Perbandingan untuk tiap-tiap media tersebut adalah 1:1:1.

Penanaman

Setelah tunas mulai muncul atau tumbuh. Langkah selanjutnya adalah proses penanaman pada lahan area tanah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pastikan tanah dalam kondisi subur dan bebas dari gulma. Buat lubang tanam sesuai ukuran umbi atau bibit. Kedalaman lubang cukup 5—6 cm saja. Tanam umbi kemudian tutupi dengan tanah dengan cara memadatkannya secara perlahan.

Perawatan

Untuk perawatan, hal yang terpenting adalah melakukan penyiraman secara rutin tiap pagi dan sore hari. Setelah tanaman memasuki usia 6 bulan, bisa dilanjut dengan proses pemupukan. Pupuk bisa berupa campuran Urea dan TSP dengan perbandingan 1:1. Juga selalu cek kondisi tanaman untuk menghindari hama yang mengganggu. Biasanya bunga sedap malam akan berbunga dalam usia 4—5 bulan setelah masa tanam.

Demikian cara budidaya Ros Polianthes Tuberosa atau bunga sedap malam yang bisa anda paraktekan. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, ada banyak keuntungan dari membudidayakan bunga yang harum ini. Bila telah berbunga, anda akan mendapatkan sebuah kebun ataupun pekarangan yang memberikan pemandangan asri, dan tentu saja bisa menjadi tempat relaksasi berkat semerbak harum bungannya. Hasilnya pun bisa dikomersilkan dengan menjual bunganya sebagai hiasan ataupun untuk pembibitan. Harga bunga sedap malam di pasaran cukup bervariasi, tergantung jenis dan kualitas bunga. Jadi usahakan untuk mendapatkan bunga dengan kulaitas terbaik jika anda ingin menjualnya dengan harga yang menguntungkan. Semoga bermanfaat.

Peluang Usaha Budidaya Ros Polianthes Tuberosa | walawili | 4.5